Jumat, 19 Juni 2015

SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI TIMOR LESTE



SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI TIMOR LESTE


Makalah mata kuliah:
Sejarah Peradaban Islam



Oleh :
MIMI MUTHI’ATILLAH
No Induk: 1110034000074


JURUSAN TAFSIR HADIS
FAKULTAS USHULUDDIN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN )SYARIF HIDAYATULLAH
 JAKARTA 1432 H/ 2011 M




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I   : PENDAHULUAN
               A. Latar Belakang Masalah
               B. Perumusan Masalah
               C. Tujuan Penulisan 
               D. Metode Penulisan 
               E. Sistematika Penulisan
BAB II  : PEMBAHASAN
               A.sejarah Timor Leste
               B. Kedatangan Islam di Timor Leste
               C. Proses Penyebaran dan Perkembangan Islam di Timor Leste
BAB III : PENUTUP
              A.Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
              



KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim
                Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kepada seeluruh makhluk ciptaannya berbagai macam nikmat yang tidak dapat dihitung jumlahnya
                Sholawat selalu dilantunkan bersama salam teruntuk kekasihnya yang paling dikasihi oleh Allah SWT.
                Alhamdulillah berkat karunia dan kasih sayang Allah SWT makalah pada mata kuliah “SEJARAH PERADABAN ISLAM” ini dapat terselesaikan, dan tentunya dengan bantuan orang tua, kakak dan sahabat  yang Allah kirimkan untuk membantu baik moril maupun materil.
                Semoga dengan terselesaikannya makalah ini dapat memberikan manfaat, namun penulis memohon maaf apabila masih terdapat banyak kekurangan pada makalah ini, karna tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Allah.

                                     Tangerang, Januari 2011 M
                                                                                                                                 Billahi fi sabilil haq

                                                                                                                                   Mimi Muthi’atillah




BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
                Di Timor Leste islam adalah agama yang sangat minoritas, seperti yang dikatakan badan intelejen AS dan fakta peneliti sedunia CIA bahwa islam di Timor Leste hanya 1% meskipun banyak organisasi lain yang mengatakan lebih dari itu.
                Organisasi adalah kebutuhan mendasar pada manusia untuk membawa mereka bersama menyampaikan aspirasi agar tersalur, melindungi hak serta kewajiban dan sebagainya, namun yang menjadi permasalahan bagi umat muslim di Timor Leste adalah adalah golongan mereka sangat minoritas.
                Sejarah datangnya hingga berkembangya islamdi Timor Leste  tidak lepas menjadi pengaruh minimnya jumlah umat islam disana, sejarah Timor Leste banyak dibaca dan diberitakan di berbagai macam media, sejarah Timor Leste sendiri merupakan suatu konflik karena banyak berbagai macam pertentangan, sejarah pertentangan ini merupakan sejarah yang panjang sejarang yang diruntut kepada masa lalu sebelum umat islam Timor Leste bersentuhan dengan bangsa barat.
                Banyak yang mengatakan bahwa masuk dan berkembangnya islam di Dilli ibu kota Timor Leste tidak lepas dari peran para pedagang arab dari Hadromaut, Yaman Selatan yang berdagang sambil berdakwah.

B. Perumusan Masalah
                Dengan berpedoman pada latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas maka pemakalah merumuskan sebagai berikut:
1. siapa yang membawa dan menyebarkan Islam di Timor Leste?
2. Bagaimana Islam berkembang di Timor Leste?
3. Apa yang terjadi pada masyarakat muslim minoritas di Timor Leste?

4. mengapa Islam di Timor Leste menjadi Minorotas?

C. tujuan Penulisan
                Makalah ini dibuat agar lebih mengetahui tentang sejarah perkembangan islam di Timor Leste yang muslimnya sangat minoritas.

D. Metode Penulisan
                Penulisan makalah ini menggunakan metode kepustakaan, yaitu dengan mengumpulkan data, mengkaji buku-buku dan artikel yang berkaitan dengan makalah ini.

E. Sistematika Penulisan
                Sistematika penulisan pada makalah ini dibagi menjadi tiga bab, dengan perincian sebagai berikut:
BAB I   : PENDAHULUAN, dalam bab ini pemakalah menguraikan tentang latar belakang masalah,
               Perumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II  : PEMABAHASAN, dalam bab ini berisi tentang bagaimana perkembangan islam di Timor
               Leste, siapa yang membawa dan menyebarkannya, apa yang terjadi pada umat muslim
               minoritas di Timor Leste dan mengapa Islam menjadi agama yang minoritas di Timor Leste.
BAB III : PENUTUP, pada bab ini berisi kesimpulan.




BAB II
PEMBAHASAN

A.Sejarah Timor Leste
            Timor Leste merupakan wilayah bekas koloni portugis selama 450 tahun. Negara bekas provinsi bagian Indonesia sebalah Timur ini dulunya bernama Timor Timur, namun setelah berhasil memisahkan diri dari negara kesatuan Republik Indonesia pada 20 Mei 2002 namanya resmi diganti menjadi Timor Leste.

B. Kedatangan Islam ke Timor Leste
            Kedatangan Islam ke Timor Leste tidak lepas dari peranan para pedagang arab dari Hadromaut yang berdagang sekaligus myebarkan dan mengajarkan agama islam, hal ini bersamaan dengan berkembangnya islam di Nusantara, pada beberapa artikel tidak sedikit penduduk asli Timor Leste mengatakan Islam datang lebih awal dibandingkan Eropa dan agama lain, namun sebagian orang mengatakan islam mauk di Timor Dili bersamaan dengan datangnya pedagang Eropa seperti Portugal, Spanyol dan Belanda. Ketika melakukan pelayaran di kepulauan Nusantara dan Asia Pasifik para pedagang arab senantiasa berhubungan dengan pada pedagang Eropa. Mereka berlayar ke Pulau Timor melalui pulau Sumatra, jawa Nusa Tenggara, Irian Barat serta kepulauan Maluku.
            Sebagian pendapat mengatakan Habib Umar Muhdlar adalah pedagang Arab hadromaut yang pertama kali menetap di Dili, sebenarnya kapan kedatangan Islam ke Dili tidak diketahui secara pasti namun masyarakat Timor Leste meyakini bahwa Islam lebih awal datang, hal tersebut dapt diketahui dari sejarah ketika kedatangan kapal pertama Portugis ke Timor Timur pada tahun 1512 mereka disambut oleh masyarakat Dili yang saat itu dipimpin oleh Abdullah Afif yang merupakan seorang pedagang dari Hadromaut.

C. Proses Penyebaran dan Perkembangan Islam di Timor Leste
            Proses penyebaran Islam di Timor Leste yaitu melalui para pedagang dari Hadromaut yang berdagang sekaligus menyebarkan islam, juga para muslim Indonesia yang datang ke Timor Leste pada abad ke 19 dengan berbagai macam tujuan yang kebanyakan berdagang dan mengikuti sanak saudara yang lebih dulu datang ke Dili.
            Perkembangan islam di Timor Leste ini mulai terlihat ketika didirikan sebuah masjid di tengah-tengah mereka, masjid An-nur masjid yang pertama di Timor Leste mereka fungsikan untuk pengajaran dan pembelajaran serta kajian agama Islam.
            Perkembangan pendidikan Islampun dimulai dengan adanya masjid An-nur sebagai pusat perkumpulannya. Ddengan didirikannya masjid an-nur inilah lahir madrasah diniyah dn belakangan ini mulai di bangun pesantren.
            Minoritas muslim di Timur Leste membuat perkembangan Islam berjalan sangat lamban dan kondisi mereka tertindas, pada tahun 2006 ketika bulan Ramadhan 500 muslim di Dili mendapat serangan dari umat Katolik yang jumlahnya sangat besar sehingga mereka di paksa untuk mendapatkan perlindungan di masjid An-nur. Namun tidak selamanya minoritas itu tertindas sebagai bukti Mari Alkatiri perdana menteri pertama di Timor Leste adalah Muslim yang taat.
            Muslim menjadi minoritas di Timor Leste karena sangat lama menjadi koloni Portugis, mereka berbaur menjadi satu dan mungkin saja sekarang lebih banyak masyarakatnya keturunan Portugis daripada Pribumi asli. Muslim menjadi semakin berkurang seiring dengan lepasnya Timor Leste dari negara kesatuan republik Indonesia yang sebagian pindah ke Indonesia.
            Kondisi masyarakat muslim Timor Leste meskipun jumlahnya semakin berkurang namun kini menjadi lebih baik dengan adanya masjid an-nur, madrasah pendidikan islam, panti asuhan yatim piatu serta pesantren yang kini mulai berkembang.
            Peran MUI tidak lepas dari ketetap bertahanan muslim Timor Leste, anak-anak yang diislamisasi tidak sedikit yang difasilitasi untuk belajar dan disekolahkan bahkan dipesantrenkan di Indonesia.




BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan
            Islam di Timor Leste datang lebih awal dibandingkan Eropa dan agama lain, Islam disebarkan oleh para pedagang dari Hadromaut yang berdagang sekaligus menyebarkan ajaran Islam. Perkembangan Islam di Timor Leste sangat lambat karena muslim disana sangat minoritas. Perkembangan Islam di Timor Leste mulai terlihat ketika didirikan sebuah masjid yang diberi nama An-nur yang menjadi pusat perkumpulan dan pendidikan Islam. Dimulai dari masjid ini kini ada madrasah diniyah An-nur, panti asuhan yatim piatu dan kini mulai ada pesantren.



DAFTAR PUSTAKA

Bazher, Ambarak. Islam di Timor-Timur (Jakarta: Gema Insani Press, 1995)
Kettani, M. Ali. Minoritas Muslim di Dunia Dewasa Ini (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)














7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar